Perpus

Ulasan Buku “Kenang-kenangan Mengejutkan si Beruang Kutub”

Kapan, ya, aku terakhir ke kebun binatang? Sudah lama sekali, sih. Dan tidak pernah membayangkan juga bagaimana perasaan hewan-hewan yang ada di sana sampai aku membaca buku ini. 

Buku “Kenang-kenangan Mengejutkan Si Beruang Kutub” adalah cerita perenungan dari balik jeruji kebun binatang dari beruang kutub yang secara sembarangan diberi nama Baltazar oleh petugas kebun binatang.

Dia merenungkan bagaimana hubungannya dengan pengunjung-pengunjung yang melihatnya di kebun binatang. Seperti apa hubungan pertemanannya dengan gadis kecil yang berpakaian compang-camping di musim dingin. Dia menceritakan kepada pembaca sikap penjaga kebun binatang yang jumawa pada dirinya dan orang yang lebih lemah dari penjaga itu.

Aku suka banget kutipan di pembatas buku ini 🙂

Aku rasa, Si Penjaga ini juga ada di sekitar kita. Dan aku senang sih, kalau ada beruang yang mengaum pada orang-orang semacam penjaga ini.

Dalam perkenalan penulisnya, dikatakan bahwa cerita ini ditulis sebagai renungan hidup di bawah kediktatoran dan penyemangat bagi siapa saja yang sedang tertindas agar tidak menyerah dalam perjuangan mencapai kebebasan sejati. Dan ini membuatku melihat cerita ini dari sudut pandang yang sama sekali berbeda.


Data Buku
Kenang-kenangan Mengejutkan si Beruang Kutub
Penulis: Claudio Orrego Vicuna
Penerjemah: Ronny Agustinus
Penerbit: Marjin Kiri
Jumlah halaman: x + 68 hlm
Cetakan Pertama, November 2018

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s