Perpus

Memulai Dengan “WHY”

Ulasan Buku Start With Why dan Find Your Why

Dalam buku Start With Why, aku mendapatkan insight bahwa untuk memulai sesuatu (dalam hal ini menjalankan bisnis atau memulai sebuah perusahaan), kita harus punya apa yang disebut WHY. Why ini adalah suatu kepercayaan yang diyakini oleh seseorang dan mendorong dia melakukan sesuatu.

Perusahaan yang memiliki perasaan WHY yang jelas akan cenderung mengabaikan pesaingnya dan fokus dengan tujuannya sendiri. Sedangkan perusahaan yang tidak memiliki WHY yang jelas hanya akan terobsesi dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Mungkin harusnya tokoh Robineau di novel The Ladies’ Paradise baca buku ini kali ya sebelum perang harga dengan Mouret.

Satu hal lagi yang menarik buatku tentang buku Start With Why adalah ketika membaca Bab 2: Hadiah dan Hukuman. Manipulasi harga memang cara yang efektif untuk menggaet pembeli. Aku melihat banyak banget start up atau usaha baru yang melakukan promosi dengan penurunan harga.

Aku merasa related sih. Ketika aku melakukan promosi dengan menurunkan harga, orang jadi tertarik untuk membeli apa yang kita tawarkan. Tapi kalau dalam point ini kita tidak punya WHY yang jelas, pembeli tersebut tidak akan menjadi pelanggan kita. Mereka mungkin banget beralih ke tempat lain.

Intinya buku Start With Why, dengan memahami WHY kita akan mampu mengartikulasikan dengan jelas apa yang membuat kita puas dan lebih memahami apa yang menggerakkan kita ketika sedang dalam situasi prima.

Karenanya, ketika kita memulai sesuatu dengan WHY (dalam hal ini mulai berbisnis) bukan saja membantu kita mengetahui nasehat yang benar untuk diikuti tetapi juga mengetahui keputusan mana yang akan membuat kita kehilangan keseimbangan.

Aku nggak pernah mikir soal WHY ini secara serius. Aku juga nggak ngerti apa yang menjadi WHY-ku. Gimana donk?

Cara untuk mengetahui apa WHY kita ada di buku Find Your Why. Dalam buku ini akan ada langkah-langkah sampai kita menemukan WHY kita yang bersifat jangka panjang dan relevan baik untuk kehidupan pribadi maupun profesional. Formatnya adalah untuk _ supaya _.

Walaupun di Start With Why kita akan lebih banyak membaca soal bisnis, tapi ternyata WHY dalam buku Find Your Why lebih dari sekadar itu. Sebuah WHY, selalu bersifat positif dan generatif. WHY melayani orang lain dan membuat kontribusi positif dalam kehidupan.

Kita bahkan tidak boleh menyebutkan “menghasilkan uang” dan hal-hal yang tidak bernilai luhur sebagai WHY. Karena hal-hal tersebut tidak akan menggerakkan kita dengan kuat. Uang tidak pernah menjadi isu perjuangan. Uang selalu merupakan akibat. Hanya karena seseorang menghasilkan uang lebih banyak, belum tentu dia menyediakan banyak nilai.

Aku baca buku ini di Garamedia Digital 🙂

Akhir kata, buku ini lebih nyambung ketika dibaca dua-duanya. Start With Why mungkin agak membosankan dengan banyaknya contoh cerita dan point yang diulang-ulang sedangkan Find Your Why lebih mudah dibaca karena menyediakan langkah praktis untuk kita mencari tahu apa yang menjadi WHY kita.

2 tanggapan untuk “Memulai Dengan “WHY””

  1. Dear Ka Meita,

    Terimakasih sudah membuat review buku ini yang informatif dan memberikan saran dalam proses membaca nya bersamaan dengan membaca buku Find Your Why, pas banget lagi bingung untuk milih buku kedua nya, ternyata baik nya kedua nya di beli ya hehe.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s